Senin, 16 Juni 2008

SEKALIPUN SUDAH MENINGGAL, TETAP DIPILIH WARGA DESA

Seorang pria Romania, sekalipun sudah meninggal dunia, tetap menjadi idola dan dipilih oleh warga desa dalam pemilihan kotapraja Ahad (15/6/08), dan mendapat dukungan lebih banyak dibandingkan dengan pesaingnya yang masih hidup.
Neculai Ivascu (57) memimpin desa tempat pemungutan suara diselenggarakan selama hampir dua dasawarsa, dan meninggal akibat penyakit liver beberapa saat setelah pemungutan suara dimulai.
Tetapi ia tetap menang dalam pemilihan kotapraja dengan selisih 23 suara.
Seorang pejabat lokal mengatakan pihak berwenang memutuskan untuk melanjutkan pemungutan suara dengan pertimbangan kalau-kalau pesaing Ivascu, Gheorghe Dobrescu, bisa menang, sehingga pemilihan ulang dapat dielakkan.
"Saya tahu ia sudah meninggal, tapi saya tak mau berubah," kata seorang warga desa pro-Ivascu kepada stasiun televisi Romania sebagaimana diberitakan media internasional.
Namun akhirnya, lembaga pemilihan memberikan jabatan walikota kepada peserta nomor dua, meskipun sebagian warga desa dan partai Ivascu, Partai Demokrat Sosial (PSD) --yang tangguh, telah meminta pemilihan ulang.

Tidak ada komentar: